Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 - foldersoal.com
Sebagai langkah awal mempersiapkan diri menghadapi UTS/Mid Semester bahasa Indonesia, kiranya tulisan contoh soal UTS bahasa Indonesia kelas xi semester 2 bisa Anda jadikan referensi. Soal-soal UTS beserta jawabannya ini, berisikan materi soal yang pernah admin upload sebelumnya, seperti:
- Materi soal merangkum isi diskusi
- Materi soal membaca cepat teks
- Materi berdialog dalam pementasan drama
- Materi tentang mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
- Materi tentang mempresentasikan hasil penelitiann dan mengomentari presentasi hasil penelitian.
Walaupun materi soal di atas sama dengan materi soal UTS b. Indonesia, tetapi dari soalnya Anda akan menemukan soal-soal yang berbeda. Ada sekitar 35 butir soal (20 PG + 15 Essay) yang bisa Anda pelajari.
Baca juga: Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
Berikut, dibawah ini contoh soal UTS B.Indonesia kelas 11 semester genap (KTSP) dan kunci jawabannya, untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat.
Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 4, perhatikan bacaan berikut!
Dr. Ilham Patu, ketua informasi dan Surveilans KLB di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, menuturkan, Riska masuk RS Islam Cempaka Putih, pada hari Kamis, 8 September silam karena menderita “morbili” atau campak. Riska diizinkan pulang setelah dirawat selama empat hari. Namun, baru tiga hari dirumah, Riska kembali masuk rumah sakit. Kali ini pasien menderita demam, batuk, dan sesak nafas.
“Setelah dilakukan pemeriksaan dengan foto thorax di RS Islam, hasilnya ditemukan dugaan adanya sebaran vius. Jumat, 16 September, sampel darah Riska diperiksa di laboratorium. Hasilnya terjadi penurunan leukosit (sel darah putih), normalnya 21.500 turun hingga 2.700. pada pemeriksaan limposit sudah berkurang dari 25 menjadi 13. Dengan hasil pemeriksaan itu, Riska diduga mengidap infeksi flu burung,” papar Ilham.
Meski korban flu burung terus bertambah, para ahli termasuk dr. Ilham Patu, menganjurkan agar warga tidak perlu panik. Masyarakat pun masih dapat mengonsumsi daging ayam.
1. Langkah para ahli dalam mendeteksi pasien yang terinfeksi flu burung adalah ....
a. dokter melakukan pemeriksaan dengan foto thorak
b. mereka memeriksa contoh darah pasien
c. dia memeriksa tekanan darah pasien
d. mereka memeriksa suhu tubuh pasien
e. petugas mengisolasi pasien yang sudah parah
Jawaban: b
2. Gagasan utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. diduga mengidap infeksi flu burung
b. penurunan limposit pada tubuh riska
c. hasil pemeriksaan dengan foto thorax
d. leukosit yang normal pada tubuh manusia adalah 21.500
e. para ahli menganjurkan agar warga tidak perlu panik
Jawaban: a
3. Makna kata virus dalam paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit berbahaya
b. mikroorganisme yang menyebabkan timbulnya penyakit
c. mikroorganisme yang menyebabkan dan menularkan penyakit
d. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit dan pembusukan
e. mikroorganisme yang dapat menyebabkan kematian penderita
Jawaban: c
4. Fakta yang terdapat dalam paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. dugaan adanya sebaran virus di tubuh
b. Riska diduga mengidap infeksi flu burung
c. Terjasinya penurunan leukosit pada tubuh Riska
d. warga tidak perlu panik atau takut
e. Masyarakat pun masih dapat mengonsumsi daging ayam
Jawaban: c
5. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan seksama!
(1) Periksalah ke dokter apabila suhu badannya tetap panas detelah dikompres dan diberi obat.
(2) Langkah pertama kompres dengan air es secara teratur.
(3) Lakukan perawatan di rumah sakit, sebagai tindak terakhir.
(4) Di samping dikompres, penderita berilah minum yang banyak
(5) Tidak hanya dikompres, berilah obat penurun panas secara teratur pula.
Urutan kalimat yang tepat untuk menjelaskan pencegahan demam berdarah adalah ....
a. (4),(2),(5),(3), dan (1)
b. (4),(3),(5),(1), dan (2)
c. (1),(2),(3),(4), dan (5)
d. (2),(4),(5),(1), dan (3)
e. (5),(3),(1),(4), dan (2)
Jawaban: d
6. Judul makalah: Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
Penulisan judul makalah yang tepat untuk memperbaiki judul tersebut adalah ....
a. Upaya Penghijauan di Sekitar Lingkungan
c. Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
d. Upaya PENGHIJAUAN di sekitar lingkungan
d. Upaya PENGHIJAUAN di Sekitar Lingkungan
e. UPAYA PENGHIJAUAN di SEKITAR LINGKUNGAN
Jawaban: a
7. Bacalah penggalan dialog berikut dengan seksama!
Jane : Marno, Sayang.
Marno : Ya, Jane.
Jane : Bagaimana Alaska sekarang?
Marmo : Alaska?....
Jane : Maksudku ya, hawanya pada saat ini.
Marno : Oh, aku kira tidak sedingin biasanya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog Marno tersebut adalah ....
a. Aku sudah lama tidak ke sana.
b. Bagaimana kamu tahu tentang Alaska?
c. Tahu dari mana, kamu?
d. Hawanya yang kamu maksudkan?
e. Tentu udaranya sangat dingin.
Jawaban: d
8. Dalam suatu seminar, seorang peserta menabggapi pembicaraan.
“Jika memerhatikan status OSIS dan KOPSIS, saya menyimpulkan bahwa KOPSIS mempunyai dasar hukum yang lebih kuat daripada OSIS. Bagaimana menurut pendapat Anda?”
Kalimat jawaban yang tepat untuk tanggapan peserta di atas adalah ....
a. Pernyataan Saudara tidak perlu dijawab karena semuanya sudah jelas.
b. Rupanya Saudara kurang bisa memahami penjelasan saya.
c. Pertanyaan Saudara saya tampung dulu, apabila ada waktu akan saya jawab.
d. Maaf, tolong pertajam pemahaman Saudara terhadap pemaparan saya tentang OSIS dan KOPSIS.
e. Analisis Saudara tentang status OSIS dan KOPSIS tempaknya sejalan dengan saya.
Jawaban: e
Untuk soal nomor 9 dan 10, perhatikan tajuk rencana berikut!
Kalau kita angkat persoalan ini, karena memang ada yang pantas kita prihatinkan. Betapa segala sesuatu sekarang ini selalu diselesaikan dengan kekerasan1). Padahal selama ini kita selalu bisa menyelesaikan segala macam persoalan dengan cara yang elegan, dengan cara yang damai2). Kita mempunyai cara yang terbukti efektif untuk meraih terbosan yang membuat setiap orang merasa menag dan tidak kehilangan muka, yakni musyawarah untuk mencapai mufakat3). Cara melaksanakan musyawarah itu sendiri tidak selalu sama4). Setiap wilayah, setiap daerah mempunyai cara yang sesuai dengan kearifan lokal, yang memang dikenal dan biasa dilakukan masyarakat di tempat itu5). Pertanyaannya, mengapa kearifan lokal yang menjadi kekuatan warga bangsa ini seakan sirna?6). Sekarang ini begitu mudah orang untuk marah, sampai-sampai polisi yang mencoba menenangkan keadaan sering kali malah menjadi korban kemarahan7)
9. Isi tajuk rencana di atas adalah ....
a. hilangnya kearifan lokal
b. banyaknya kekerasan di daerah
c. cara menyelesaikan persoalan dengan cara damai
d. musyawarah dan mufakat dalam menangani kasus
e. kekerasan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa
Jawaban: c
10. Kalimat yang merupakan opini terdapat pada nomor ....
a. 1
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6
Jawaban: a
Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Part-2 Berbagai Sumber
- Materi soal merangkum isi diskusi
- Materi soal membaca cepat teks
- Materi berdialog dalam pementasan drama
- Materi tentang mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
- Materi tentang mempresentasikan hasil penelitiann dan mengomentari presentasi hasil penelitian.
Walaupun materi soal di atas sama dengan materi soal UTS b. Indonesia, tetapi dari soalnya Anda akan menemukan soal-soal yang berbeda. Ada sekitar 35 butir soal (20 PG + 15 Essay) yang bisa Anda pelajari.
Baca juga: Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
Berikut, dibawah ini contoh soal UTS B.Indonesia kelas 11 semester genap (KTSP) dan kunci jawabannya, untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat.
Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 4, perhatikan bacaan berikut!
Dr. Ilham Patu, ketua informasi dan Surveilans KLB di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, menuturkan, Riska masuk RS Islam Cempaka Putih, pada hari Kamis, 8 September silam karena menderita “morbili” atau campak. Riska diizinkan pulang setelah dirawat selama empat hari. Namun, baru tiga hari dirumah, Riska kembali masuk rumah sakit. Kali ini pasien menderita demam, batuk, dan sesak nafas.
“Setelah dilakukan pemeriksaan dengan foto thorax di RS Islam, hasilnya ditemukan dugaan adanya sebaran vius. Jumat, 16 September, sampel darah Riska diperiksa di laboratorium. Hasilnya terjadi penurunan leukosit (sel darah putih), normalnya 21.500 turun hingga 2.700. pada pemeriksaan limposit sudah berkurang dari 25 menjadi 13. Dengan hasil pemeriksaan itu, Riska diduga mengidap infeksi flu burung,” papar Ilham.
Meski korban flu burung terus bertambah, para ahli termasuk dr. Ilham Patu, menganjurkan agar warga tidak perlu panik. Masyarakat pun masih dapat mengonsumsi daging ayam.
1. Langkah para ahli dalam mendeteksi pasien yang terinfeksi flu burung adalah ....
a. dokter melakukan pemeriksaan dengan foto thorak
b. mereka memeriksa contoh darah pasien
c. dia memeriksa tekanan darah pasien
d. mereka memeriksa suhu tubuh pasien
e. petugas mengisolasi pasien yang sudah parah
Jawaban: b
2. Gagasan utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. diduga mengidap infeksi flu burung
b. penurunan limposit pada tubuh riska
c. hasil pemeriksaan dengan foto thorax
d. leukosit yang normal pada tubuh manusia adalah 21.500
e. para ahli menganjurkan agar warga tidak perlu panik
Jawaban: a
3. Makna kata virus dalam paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit berbahaya
b. mikroorganisme yang menyebabkan timbulnya penyakit
c. mikroorganisme yang menyebabkan dan menularkan penyakit
d. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit dan pembusukan
e. mikroorganisme yang dapat menyebabkan kematian penderita
Jawaban: c
4. Fakta yang terdapat dalam paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. dugaan adanya sebaran virus di tubuh
b. Riska diduga mengidap infeksi flu burung
c. Terjasinya penurunan leukosit pada tubuh Riska
d. warga tidak perlu panik atau takut
e. Masyarakat pun masih dapat mengonsumsi daging ayam
Jawaban: c
5. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan seksama!
(1) Periksalah ke dokter apabila suhu badannya tetap panas detelah dikompres dan diberi obat.
(2) Langkah pertama kompres dengan air es secara teratur.
(3) Lakukan perawatan di rumah sakit, sebagai tindak terakhir.
(4) Di samping dikompres, penderita berilah minum yang banyak
(5) Tidak hanya dikompres, berilah obat penurun panas secara teratur pula.
Urutan kalimat yang tepat untuk menjelaskan pencegahan demam berdarah adalah ....
a. (4),(2),(5),(3), dan (1)
b. (4),(3),(5),(1), dan (2)
c. (1),(2),(3),(4), dan (5)
d. (2),(4),(5),(1), dan (3)
e. (5),(3),(1),(4), dan (2)
Jawaban: d
6. Judul makalah: Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
Penulisan judul makalah yang tepat untuk memperbaiki judul tersebut adalah ....
a. Upaya Penghijauan di Sekitar Lingkungan
c. Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
d. Upaya PENGHIJAUAN di sekitar lingkungan
d. Upaya PENGHIJAUAN di Sekitar Lingkungan
e. UPAYA PENGHIJAUAN di SEKITAR LINGKUNGAN
Jawaban: a
7. Bacalah penggalan dialog berikut dengan seksama!
Jane : Marno, Sayang.
Marno : Ya, Jane.
Jane : Bagaimana Alaska sekarang?
Marmo : Alaska?....
Jane : Maksudku ya, hawanya pada saat ini.
Marno : Oh, aku kira tidak sedingin biasanya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog Marno tersebut adalah ....
a. Aku sudah lama tidak ke sana.
b. Bagaimana kamu tahu tentang Alaska?
c. Tahu dari mana, kamu?
d. Hawanya yang kamu maksudkan?
e. Tentu udaranya sangat dingin.
Jawaban: d
8. Dalam suatu seminar, seorang peserta menabggapi pembicaraan.
“Jika memerhatikan status OSIS dan KOPSIS, saya menyimpulkan bahwa KOPSIS mempunyai dasar hukum yang lebih kuat daripada OSIS. Bagaimana menurut pendapat Anda?”
Kalimat jawaban yang tepat untuk tanggapan peserta di atas adalah ....
a. Pernyataan Saudara tidak perlu dijawab karena semuanya sudah jelas.
b. Rupanya Saudara kurang bisa memahami penjelasan saya.
c. Pertanyaan Saudara saya tampung dulu, apabila ada waktu akan saya jawab.
d. Maaf, tolong pertajam pemahaman Saudara terhadap pemaparan saya tentang OSIS dan KOPSIS.
e. Analisis Saudara tentang status OSIS dan KOPSIS tempaknya sejalan dengan saya.
Jawaban: e
Untuk soal nomor 9 dan 10, perhatikan tajuk rencana berikut!
Kalau kita angkat persoalan ini, karena memang ada yang pantas kita prihatinkan. Betapa segala sesuatu sekarang ini selalu diselesaikan dengan kekerasan1). Padahal selama ini kita selalu bisa menyelesaikan segala macam persoalan dengan cara yang elegan, dengan cara yang damai2). Kita mempunyai cara yang terbukti efektif untuk meraih terbosan yang membuat setiap orang merasa menag dan tidak kehilangan muka, yakni musyawarah untuk mencapai mufakat3). Cara melaksanakan musyawarah itu sendiri tidak selalu sama4). Setiap wilayah, setiap daerah mempunyai cara yang sesuai dengan kearifan lokal, yang memang dikenal dan biasa dilakukan masyarakat di tempat itu5). Pertanyaannya, mengapa kearifan lokal yang menjadi kekuatan warga bangsa ini seakan sirna?6). Sekarang ini begitu mudah orang untuk marah, sampai-sampai polisi yang mencoba menenangkan keadaan sering kali malah menjadi korban kemarahan7)
9. Isi tajuk rencana di atas adalah ....
a. hilangnya kearifan lokal
b. banyaknya kekerasan di daerah
c. cara menyelesaikan persoalan dengan cara damai
d. musyawarah dan mufakat dalam menangani kasus
e. kekerasan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa
Jawaban: c
10. Kalimat yang merupakan opini terdapat pada nomor ....
a. 1
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6
Jawaban: a
0 Response to "Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 - foldersoal.com"
Post a Comment