Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib) Part-4 - foldersoal.com
Berisikan materi yang sama dengan Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib) Part-3 (soal nomor 26-35), bagian ke-4 dimulai dari soal nomor 36.
Berikut, soal bahasa Indonesia kelas 10 semester genap beserta jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MAK/MA/Sederajat.
36. Dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan dalam bertanya. Berdasarkan pernyataan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan debat adalah....
a. metode debat
b. metode logika
c. metode dialektika
d. metode tanya jawab
e. metode impromtu
jawaban: c
37. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berdeba dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus....
a. rapi dan bijaksana
b. terstruktur dengan baik
c. terorganisir dan dipresentasikan
d. adanya tanya jawab dengan narasumber
e. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik
jawaban: b
38. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu....
a. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
b. mematikan lawan debat dengan sempurna.
c. menilai jalannya kegiatan debat.
d. menyimpulkan hasil debat.
e. menyampaikan pendapat masing-masing.
Jawaban: e
39. Salah satu hal yang tidak dibenarkan dalam kegiatan debat adalah....
a. menilai baik lawan debat
b. berdiskusi dengan lawan debat
c. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
d. tidak menghina lawan debat
e. memberikankeleluasaan kaepada lawan debat
jawaban: c
40. Dalam kegiatan debat sangat deiperlukan seorang yang bisa bertindak atau menangani acara dbat tersebut. Orang yang dimaksud adalah....
a. moderator
b. dewan juri
c. peserta
d. lawab debat
e. narasumber
jawaban: a
41. Di Indonesia, debat kompotitif dalam sistem debat parlementer sudah mulai berkembang, walupun masih didominasi oleh kompetisi debat bahasa inggris. Kejuaraan debat se Indonesia yang pertama adalah....
a. Indonesia Varsity English Debate (IVED)
b. Java Overland Varsities English Debate (JOVED)
c. ASEAN Law Student Association (ALSA)
d. ALSA Universitas Padjadjaran English Challenge
e. National Environmental Debate (NED)
jawaban: a
42. Salah satu sistem debat yang umum digunakan di kejuruan-kejuaruan di Indonesia adalah....
a. Indonesia Dabate
b. Indonesia Varsity English Dabete
c. Dabete Competition
d. Australasian Parliamentery
e. National Universities English Debating Championship
jawaban: d
43. Suatau sistem debat atau adu argumen dengan salah satu dari tiga sistem yang diakui dalam skala global (dunia). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. perdebatan
b. debat dua kelompok
c. debat parlementer
d. debat formal
e. debat bebas
jawaban: c
44. Pihak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan debat. Hal tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat parlementer
b. moderator
c. narasumber
d. peserta debat
e. audiens debat
jawaban: c
45. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat lawan debat tidak berkutik saat adu argumen adalah....
a. katakan dengan kata fakta dan data.
b. baut suasana debat tegang.
c. lakukan debat dengan ikhlas.
d. matikan lawan dengan berbagai cara.
e. buat lawan bertekuk lutut.
Jawaban: a
46. Dalam melakukan debat, jumlah peserta dari kedua kelompok tersebut harus sama. Dalam debat terdapat dua kelompok ,yaitu....
a. positif dan negatif
b. pro dan kontra
c. pasif dan aktif
d. afirmatif dan negatif
e. plus dan minus
jawaban: d
47. Sebelum debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat harus dapat....
a. dipertentangkan
b. dipertanyakan
c. ditanya-jawab
d. dianalisis
e. diambil hikmatnya
jawaban: a
48. Berikut ini termasuk cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik, kecuali....
a. kuasailah topik yang akan iperdebatkan.
b. carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
c. carilah narasumber yang tepat dan dipercaya.
d. kupaslah topik itu secara mendalam
e. tanggaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan dibicarakan.
Jawaban: c
49. Berikut ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat, kecuali....
a. sampikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
b. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
c. gunakan bahas yang baik dan benar
d. sesuai gagasan dengan topik yang dipedebatkan
e. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
Jawaban: b
50. Bentuk rasa tidak setuju seseorang terhadap gagasan orang lain. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. sanggahan
b. gagasan
c. opini
d. pendapat
e. fakta
jawaban: a
Lanjut ke soal nomor 51-60 => Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib) Part-5 Berbagai Sumber
Berikut, soal bahasa Indonesia kelas 10 semester genap beserta jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MAK/MA/Sederajat.
36. Dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan dalam bertanya. Berdasarkan pernyataan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan debat adalah....
a. metode debat
b. metode logika
c. metode dialektika
d. metode tanya jawab
e. metode impromtu
jawaban: c
37. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berdeba dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus....
a. rapi dan bijaksana
b. terstruktur dengan baik
c. terorganisir dan dipresentasikan
d. adanya tanya jawab dengan narasumber
e. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik
jawaban: b
38. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu....
a. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
b. mematikan lawan debat dengan sempurna.
c. menilai jalannya kegiatan debat.
d. menyimpulkan hasil debat.
e. menyampaikan pendapat masing-masing.
Jawaban: e
39. Salah satu hal yang tidak dibenarkan dalam kegiatan debat adalah....
a. menilai baik lawan debat
b. berdiskusi dengan lawan debat
c. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
d. tidak menghina lawan debat
e. memberikankeleluasaan kaepada lawan debat
jawaban: c
40. Dalam kegiatan debat sangat deiperlukan seorang yang bisa bertindak atau menangani acara dbat tersebut. Orang yang dimaksud adalah....
a. moderator
b. dewan juri
c. peserta
d. lawab debat
e. narasumber
jawaban: a
41. Di Indonesia, debat kompotitif dalam sistem debat parlementer sudah mulai berkembang, walupun masih didominasi oleh kompetisi debat bahasa inggris. Kejuaraan debat se Indonesia yang pertama adalah....
a. Indonesia Varsity English Debate (IVED)
b. Java Overland Varsities English Debate (JOVED)
c. ASEAN Law Student Association (ALSA)
d. ALSA Universitas Padjadjaran English Challenge
e. National Environmental Debate (NED)
jawaban: a
42. Salah satu sistem debat yang umum digunakan di kejuruan-kejuaruan di Indonesia adalah....
a. Indonesia Dabate
b. Indonesia Varsity English Dabete
c. Dabete Competition
d. Australasian Parliamentery
e. National Universities English Debating Championship
jawaban: d
43. Suatau sistem debat atau adu argumen dengan salah satu dari tiga sistem yang diakui dalam skala global (dunia). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. perdebatan
b. debat dua kelompok
c. debat parlementer
d. debat formal
e. debat bebas
jawaban: c
44. Pihak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan debat. Hal tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat parlementer
b. moderator
c. narasumber
d. peserta debat
e. audiens debat
jawaban: c
45. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat lawan debat tidak berkutik saat adu argumen adalah....
a. katakan dengan kata fakta dan data.
b. baut suasana debat tegang.
c. lakukan debat dengan ikhlas.
d. matikan lawan dengan berbagai cara.
e. buat lawan bertekuk lutut.
Jawaban: a
46. Dalam melakukan debat, jumlah peserta dari kedua kelompok tersebut harus sama. Dalam debat terdapat dua kelompok ,yaitu....
a. positif dan negatif
b. pro dan kontra
c. pasif dan aktif
d. afirmatif dan negatif
e. plus dan minus
jawaban: d
47. Sebelum debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat harus dapat....
a. dipertentangkan
b. dipertanyakan
c. ditanya-jawab
d. dianalisis
e. diambil hikmatnya
jawaban: a
48. Berikut ini termasuk cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik, kecuali....
a. kuasailah topik yang akan iperdebatkan.
b. carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
c. carilah narasumber yang tepat dan dipercaya.
d. kupaslah topik itu secara mendalam
e. tanggaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan dibicarakan.
Jawaban: c
49. Berikut ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat, kecuali....
a. sampikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
b. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
c. gunakan bahas yang baik dan benar
d. sesuai gagasan dengan topik yang dipedebatkan
e. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
Jawaban: b
50. Bentuk rasa tidak setuju seseorang terhadap gagasan orang lain. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. sanggahan
b. gagasan
c. opini
d. pendapat
e. fakta
jawaban: a
Lanjut ke soal nomor 51-60 => Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib) Part-5 Berbagai Sumber
0 Response to "Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib) Part-4 - foldersoal.com"
Post a Comment