Contoh Soal UAS Seni Budaya Kelas XI Semester 2 (PG dan Essay) beserta Jawaban (Part-4) - foldersoal.com
Melanjutkan tulisan Contoh Soal UAS Seni Budaya Kelas XI Semester 2 (PG dan Essay) beserta Jawaban bagian ketiga (soal nomor 21-35) yang berbentuk pilihan Ganda. Pada bagian ke-4 ini, berbentuk Essay/uraian, dimana materi yang ada diambil dari materi soal essay Seni Budaya kelas XI semester 2 bagian pertama yang berisikan "Apreasiasi dan ekrpresi karya seni rupa mancanegara" sampai Soal essay Seni Budaya kelas XI Semester 2 bagian terakhir, yang berisikan tentang "Ekspresi seni teater nontradional nusantara". Semoga soal yang ada, bisa dijadikan latihan pembelajaran, sebelum menghadapi UAS/UKK yang sebenarnya.
Berikut di bawah ini, soal UAS Seni Budaya dengan jawaban untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 36 sampai dengan 50.
36. Seni rupa pengaruh Islam di India telah mencapai puncaknya pada pemerintahan.....
Jawaban: Raja Syah Jehan
37. Penampilan unsur pembeda agar tidak membosankan dan berkesan monoton disebtu....
Jawaban: aksentuasi
38. Seni buatan tangan dapat disebut juga dengan....
Jawaban: handamade
39. Suatu bentuk karya yang diciptakan secara tertulis dan dapat dinikmati secara abadi disebut....
Jawaban: komposisi
40. Membuat karya musik berupa aransemen atau transkrip disebut....
Jawaban: mengaransir
41. Bentuk penampilan tari yang ditarikan secara berpasangan disebut....
Jawaban: tari berpasangan
42. Unsur kostum/busana yang digunakan oleh penari tari pakarena adalah...
Jawaban: baju bodo, selendang, dan kipas
43. Tujuan merias wajah/muka pada penari adalah untuk membuat raut muka penari sesuai dengan....
Jawaban: watak/karakter
44. Drama yang menggunakan kata seminim mungkin disebut drama....
Jawaban: minikata
45. Rangkaian cerita yang saling berhubungan dengan menggunakan hukum sebab akibat adalah....
Jawaban: alur cerita/plot
46. Hasil kriya mancanegara memiliki beberapa persamaan dengan hasil kriya nasional. Sebutkan beberapa persamaan tersebut!
Jawaban:
a. Menghasilkan benda-benda seni bernilai tinggi dengan bentuk indah
b. Memiliki fungsi guna atau pakai atau memiliki kegunaan praktis
c. Diciptakan utuk kepentingan orang lain, yakni dibutuhkan dan disenangi masyarkat.
d. Model dengan komposisi harmonis
e. Dapat dikerjakan secara perseorangan atau massal
f. Menghasilkan benda yang sama dalam jumlah banyak
47. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang harus dipenuhi dalam pembuatan karya seni kriya yang baik!
Jawaban:
a. Faktor estetis (nilai indah)
b. Faktor artistik, artinya memiliki nilai seni dan fungsi seni
c. Faktor kegunaan (applied) yang berguna bagi manusia
d. Faktor tempat, dapat digunakan pada tempat yang sesuai
e. Faktor rasa bahan (karakteristik bahan).
48. Sebutkan peranan musik nontradisional bagi kita!
Jawaban:
a. Sebagai identitas diri suatu masyarakat atau bangsa
b. Sebagai sarana dalam pendidikan baik formal maupun nonformal di masyarakat.
c. Melalui musik dapat meningkatkan hubungan kerja sama dan menciptakan perdamaian antarbangasa di dunia
d. Sebagai hiburan, menyenangkan, membahagiakan, dan menyehatkan rohani banyak orang.
e. Dapat digunakan sebagai promosi perusahaan melalui show/pertunjukan terbuka
49. Tuliskan lima contoh tari massal dan tuliskan asal daerahnya!
Jawaban: lima contoh tari massal adalah sebagai berikut.
a. Tari gambyong dari Surakarta
b. Tari golek dari Yogyakarta
c. Tari giring-giring dari Kalimantan
d. Tari mafia dari Irian Jaya (Papua)
e. Tari merak dan sulintang dari Jawa Barat
50. Jelaskan perbedaan teater tradisional dengan teater modern!
Jawaban: perbedaan teter tradisional dengan teater modern adalah sebagai berikut:
a. Teater tradisional
- bertolak dari sastra lisan
- tidak ada naskah
- sumber cerita dari kerjaan/dongeng
- bersifat improvisasi
- mengandalkan segi tari dan lagu
- bersifat statis
b. Teater modern
- bertolak dari sastra drama
- ada naskah drama
- sumber cerita dari kehidupan masyarakat sehari-hari
- peran sudah dibagi sesuai naskah,
- mengandalkan segi gerak dan dialog
- bersifat dinamis
Berikut di bawah ini, soal UAS Seni Budaya dengan jawaban untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 36 sampai dengan 50.
36. Seni rupa pengaruh Islam di India telah mencapai puncaknya pada pemerintahan.....
Jawaban: Raja Syah Jehan
37. Penampilan unsur pembeda agar tidak membosankan dan berkesan monoton disebtu....
Jawaban: aksentuasi
38. Seni buatan tangan dapat disebut juga dengan....
Jawaban: handamade
39. Suatu bentuk karya yang diciptakan secara tertulis dan dapat dinikmati secara abadi disebut....
Jawaban: komposisi
40. Membuat karya musik berupa aransemen atau transkrip disebut....
Jawaban: mengaransir
41. Bentuk penampilan tari yang ditarikan secara berpasangan disebut....
Jawaban: tari berpasangan
42. Unsur kostum/busana yang digunakan oleh penari tari pakarena adalah...
Jawaban: baju bodo, selendang, dan kipas
43. Tujuan merias wajah/muka pada penari adalah untuk membuat raut muka penari sesuai dengan....
Jawaban: watak/karakter
44. Drama yang menggunakan kata seminim mungkin disebut drama....
Jawaban: minikata
45. Rangkaian cerita yang saling berhubungan dengan menggunakan hukum sebab akibat adalah....
Jawaban: alur cerita/plot
46. Hasil kriya mancanegara memiliki beberapa persamaan dengan hasil kriya nasional. Sebutkan beberapa persamaan tersebut!
Jawaban:
a. Menghasilkan benda-benda seni bernilai tinggi dengan bentuk indah
b. Memiliki fungsi guna atau pakai atau memiliki kegunaan praktis
c. Diciptakan utuk kepentingan orang lain, yakni dibutuhkan dan disenangi masyarkat.
d. Model dengan komposisi harmonis
e. Dapat dikerjakan secara perseorangan atau massal
f. Menghasilkan benda yang sama dalam jumlah banyak
47. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang harus dipenuhi dalam pembuatan karya seni kriya yang baik!
Jawaban:
a. Faktor estetis (nilai indah)
b. Faktor artistik, artinya memiliki nilai seni dan fungsi seni
c. Faktor kegunaan (applied) yang berguna bagi manusia
d. Faktor tempat, dapat digunakan pada tempat yang sesuai
e. Faktor rasa bahan (karakteristik bahan).
48. Sebutkan peranan musik nontradisional bagi kita!
Jawaban:
a. Sebagai identitas diri suatu masyarakat atau bangsa
b. Sebagai sarana dalam pendidikan baik formal maupun nonformal di masyarakat.
c. Melalui musik dapat meningkatkan hubungan kerja sama dan menciptakan perdamaian antarbangasa di dunia
d. Sebagai hiburan, menyenangkan, membahagiakan, dan menyehatkan rohani banyak orang.
e. Dapat digunakan sebagai promosi perusahaan melalui show/pertunjukan terbuka
49. Tuliskan lima contoh tari massal dan tuliskan asal daerahnya!
Jawaban: lima contoh tari massal adalah sebagai berikut.
a. Tari gambyong dari Surakarta
b. Tari golek dari Yogyakarta
c. Tari giring-giring dari Kalimantan
d. Tari mafia dari Irian Jaya (Papua)
e. Tari merak dan sulintang dari Jawa Barat
50. Jelaskan perbedaan teater tradisional dengan teater modern!
Jawaban: perbedaan teter tradisional dengan teater modern adalah sebagai berikut:
a. Teater tradisional
- bertolak dari sastra lisan
- tidak ada naskah
- sumber cerita dari kerjaan/dongeng
- bersifat improvisasi
- mengandalkan segi tari dan lagu
- bersifat statis
b. Teater modern
- bertolak dari sastra drama
- ada naskah drama
- sumber cerita dari kehidupan masyarakat sehari-hari
- peran sudah dibagi sesuai naskah,
- mengandalkan segi gerak dan dialog
- bersifat dinamis
Baca juga: 200+ Contoh Soal Seni Budaya Kelas XI Semester 2Berbagai Sumber
0 Response to "Contoh Soal UAS Seni Budaya Kelas XI Semester 2 (PG dan Essay) beserta Jawaban (Part-4) - foldersoal.com"
Post a Comment